SASTRA
1. SASTRA IND0NESIA
MEMPELAJARI TEORI SASTRA DENGAN TUJUAN BUKAN
SEKEDAR MENCETAK SASTRAWAN, MELAINKAN LEBIH JAUH HENDAK MENJADIKAN SESEORANG
AHLI SASTRA, KRITIKUS SASTRA, AHLI BAHASA (LINGUIS), MAUPUN PENELITI SASTRA
LAMA (FILOLOG).
SPESIALISASI
STUDI
- SASTRA MODERN : SASTRA INDONESIA TERBITAN PASCA TAHUN 1920, TEORI SASTRA BARAT, DLL.
- LINGUISTIK : ILMU BAHASA VERBAL, SOSIOLINGUISTIK, PSIKOLINGUISTIK, DLL.
- FILOLOGI : TEKS SASTRA LAMA, FILOLOGI SASTRA ASING, DLL.
- JURUSAN INI JUGA MEMPELAJARI SOSIOLOGI, PSIKOLOGI, FILSAFAT, AGAMA, BAHASA SANSKERTA, BAHASA ARAB, BAHASA BELANDA, ILMU ADAT, FOLKLOR, SEJARAH, DAN ILMU LAINNYA YANG TERKAIT DENGAN KAJIAN SASTRA
CATATAN
JIKA MEMPELAJARI BIDANG INI HENDAKNYA MEMANG MENYUKAI KESUSASTRAAN AGAR BENAR-BENAR MENJADI PEKERJA MAUPUN PEGIAT SASTRA YANG TIDAK SETENGAH-SETENGAH DALAM MENJALANI PROFESINYA.
JIKA MEMPELAJARI BIDANG INI HENDAKNYA MEMANG MENYUKAI KESUSASTRAAN AGAR BENAR-BENAR MENJADI PEKERJA MAUPUN PEGIAT SASTRA YANG TIDAK SETENGAH-SETENGAH DALAM MENJALANI PROFESINYA.
LAPANGAN KERJA
SASTRAWAN, KRITIKUS SASTRA, AHLI SASTRA, AHLI BAHASA, WARTAWAN, DOSEN, PENELITI, AKTIVIS LSM, EDITOR PENERBITAN, DLL.
SASTRAWAN, KRITIKUS SASTRA, AHLI SASTRA, AHLI BAHASA, WARTAWAN, DOSEN, PENELITI, AKTIVIS LSM, EDITOR PENERBITAN, DLL.
2. SASTRA ARAB
- MEMBAHAS STUDI BAHASA ARAB, LINGUISTIK, DAN SASTRA ARAB.
- MEMPELAJARI KEBUDAYAAN SEJUMLAH NEGARA YANG BERBAHASA ARAB.
- MEMPELAJARI BAHASA ARAB UNTUKTUJUAN TERTENTU, MISALNYA BISNIS, SEJARAH, DLL.
SPESIALISASI
STUDI
- BAHASA : PENYUSUNAN KALIMAT, SUSUNAN KATA BAHASA ARAB, PERCAKAPAN BAHASA ARAB, NAHWU (SINTAKSIS), SHARAF (MORFOLOGI), IMLA’ (PENULISAN), MAHFUDUT (IDIOM), INSYA’ (KOMPISISI), MUHADASAH (DIALOG), KHATH (PENULISAN HURUF ARAB), SEMINAR, DLL.
- KESUSASTRAAN : RIWAYAT SEJARAH SASTRA ARAB, JENIS SASTRA ARAB, PENGARUH DARI LUAR, BALAGHAH (STILISTIKA), SASTRA ARAB BARU, NURSUS (KAJIAN PUISI), MUNADZARAH (KAJIAN PROSA), SEMINAR SASTRA ARAB, DLL.
CATATAN
TIDAK HARUS BISA MENULIS DAN MEMBACA HURUF ARAB SEJAK SEBELUM KULIAH, KARENA SELAMA KULIAH AKAN DIPELAJARI DAN AKAN BISA DENGAN SENDIRINYA ASALKAN MAU TEKUN MEMPELAJARINYA.
TIDAK HARUS BISA MENULIS DAN MEMBACA HURUF ARAB SEJAK SEBELUM KULIAH, KARENA SELAMA KULIAH AKAN DIPELAJARI DAN AKAN BISA DENGAN SENDIRINYA ASALKAN MAU TEKUN MEMPELAJARINYA.
LAPANGAN KERJA
KRITIKUS SASTRA ARAB, AHLI SASTRA ARAB, AHLI BAHASA ARAB, PENERJEMAH BAHASA ARAB, PEKERJA DI BIDANG PARIWISATA, SEKTRETARIS, WARTAWAN, DOSEN, PENELITI, AKTIVIS LSM, EDITOR PENERBITAN, DLL.
KRITIKUS SASTRA ARAB, AHLI SASTRA ARAB, AHLI BAHASA ARAB, PENERJEMAH BAHASA ARAB, PEKERJA DI BIDANG PARIWISATA, SEKTRETARIS, WARTAWAN, DOSEN, PENELITI, AKTIVIS LSM, EDITOR PENERBITAN, DLL.
3. SASTRA INGGRIS
- MEMBAHAS STUDI BAHASA, LINGUISTIK, DAN SASTRA INGGRIS SERTA AMERIKA.
- MEMPELAJARI KEBUDAYAAN NEGARA-NEGARA YANG BERBAHASA INGGRIS.
- MEMPELAJARI BAHASA INGGRIS UNTUK TUJUAN TERTENTU, MISALNYA BISNIS, TEKNIK, DLL.
SPESIALISASI
STUDI
- BAHASA : KULIAH DI RUANG KULIAH, LABORATORIUM, JUGA DI LAPANGAN, STRUCTURE, WRITING, INTENSIVE READING, FREE ACTIVITY, ORAL ENGLISH, AURAL COMPREHENSION, DLL.
- LINGUISTIK : LINGUISTIK UMUM, ENGLISH PHONETICS, ENGLISH PHONOLOGY, TRANSLATION, ENGLISH SEMINAR, DLL.
- KESUSASTRAAN : POETRY, DRAMA, NOVEL, PRACTICAL CRITISM, BOOK REPORT, AMERICAN STUDIES, ENGLISH HISTORY, DAN SEMUA YANG TERKAIT DENGAN STUDI SASTRA INGGRIS DAN AMERIKA.
CATATAN
HARUS MEMPUNYAI MINAT BACA YANG TINGGI, KOMUNIKATIF, DAN MAU TERUS BELAJAR MENAMBAH WAWASAN KARENA BIDANG KAJIAN BAHASA DAN SASTRA TERUS BERKEMBANG CEPAT.
HARUS MEMPUNYAI MINAT BACA YANG TINGGI, KOMUNIKATIF, DAN MAU TERUS BELAJAR MENAMBAH WAWASAN KARENA BIDANG KAJIAN BAHASA DAN SASTRA TERUS BERKEMBANG CEPAT.
LAPANGAN KERJA
KRITIKUS SASTRA
INGGRIS, AHLI SASTRA INGGRIS, AHLI BAHASA INGGRIS,
PENERJEMAH BAHASA INGGRIS, PEKERJA DI BIDANG PARIWISATA, SEKTRETARIS, WARTAWAN, DOSEN, PENELITI, AKTIVIS LSM, EDITOR PENERBITAN, DLL.
PENERJEMAH BAHASA INGGRIS, PEKERJA DI BIDANG PARIWISATA, SEKTRETARIS, WARTAWAN, DOSEN, PENELITI, AKTIVIS LSM, EDITOR PENERBITAN, DLL.
4. SASTRA PERANCIS
- MEMBAHAS STUDI BAHASA, LINGUISTIK, DAN SASTRA PERANCIS
- MEMPELAJARI KEBUDAYAAN SEJUMLAH NEGARA YANG BERBAHASA PERANCIS
- MEMPELAJARI BAHASA PERANCIS UNTUK TUJUAN TERTENTU, MISALNYA BISNIS, BUDAYA, FILSAFAT, DLL.
SPESIALISASI
STUDI
- BAHASA : EXPRESSION ECRITE (KEMAMPUAN MENULIS), CONPREHENSION ORALE (KEMAMPUAN BERBICARA), DIALOGUE (PERCAKAPAN), LECTURE (SASTRA), PEMBAHASAN TEKSS ILMIAH, PENERJEMAHAN, DLL.
- LINGUISTIK : SEJARAH BAHASA, PERBANDINGAN BAHASA, LINGUSITIK UMUM, LINGUISTIK PERANCIS, SOSIOLINGUISTIK PERANCIS, LINGUISTIK PERBANDINGAN, LINGUISTIK ABAD XX, FONETIK, MORFOLOGI, DLL.
- SASTRA : TEORI SASTRA, SEJARAH SASTRA, KEBUDAYAAN PERANCIS, SOSIOLOGI SASTRA, KRITIK SASTRA, SASTRA DUNIA, TEORI DRAMA, SASTRA PERANCIS ABAD PERTENGAHAN, SASTRA PERANCIS MODERN, TEATER BARAT, DLL.
CATATAN
BAHASA PERANCIS DIPAKAI DI PULUHAN NEGARA YANG SEHARI-HARI BERBAHASA PERANCIS, SEHINGGA TERDAPAT PELUANG YANG SANGAT BESAR BAGI MEREKA YANG MENGUASAI BAHASA PERANCIS.
BAHASA PERANCIS DIPAKAI DI PULUHAN NEGARA YANG SEHARI-HARI BERBAHASA PERANCIS, SEHINGGA TERDAPAT PELUANG YANG SANGAT BESAR BAGI MEREKA YANG MENGUASAI BAHASA PERANCIS.
LAPANGAN KERJA
KRITIKUS SASTRA PERANCIS, AHLI SASTRA PERANCIS, AHLI BAHASA PERANCIS, PENERJEMAH BAHASA PERANCIS, PEKERJA DI BIDANG PARIWISATA, SEKRETARIS, WARTAWAN DOSEN, PENELITI AKTIVIS LSM, EDITOR PENERBITAN, DLL.
KRITIKUS SASTRA PERANCIS, AHLI SASTRA PERANCIS, AHLI BAHASA PERANCIS, PENERJEMAH BAHASA PERANCIS, PEKERJA DI BIDANG PARIWISATA, SEKRETARIS, WARTAWAN DOSEN, PENELITI AKTIVIS LSM, EDITOR PENERBITAN, DLL.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar