Assalamualaikum WR.WB...:)Welcome To "APN" BLOG :)...

Kamis, 24 Januari 2013

Deskripsi jurusan di PT bidang Pertanian


PERTANIAN

1. AGRONOMI
·         MERUPAKAN INDUK ILMU PERTANIAN YANG MEMBAHAS ASAL, PENYEBARAN, PENGGOLONGAN, DAN PERTUMBUHAN TANAMAN SEJAK PENANAMAN HINGGA PANEN SERTA TEKNOLOGI PEMBUDIDAYAAN TANAMAN PERTANIAN.

SPESIALISASI STUDI
  • PRODUKSI TANAMAN : TEKNOLOGI PRODUKSI TANAMAN PANGAN & PERKEBUNAN
  • HORTIKULTURA : BUDIDAYA TANAMAN SAYUR, BUAH, DAN BUNGA SERTA SENT PERTAMANAN
  • PEMULIAAN TANAMAN : TEKNOLOGI PENEMUAN VARIETAS TANAMAN BARU YANG BERMANFAAT
  • ILMU TANAMAN : PROSES FISIOLOGI TANAMAN BUDIDAYA & PENGARUH CUACA/IKLIM
  • STATISTIKA PERTANIAN : MODEL DESAIN PERCOBAAN & TEKNIK ANALISIS RISET SERTA KOMPUTASI BIDANG PERTANIAN
  • TEKNOLOGI BENIH : CARA PRODUKSI, PENGOLAHAN, PENGUJIAN, PENYIMPANAN, PENGEMASAN, SERTIFIKASI, DAN PEMASARAN BENIH
  • ILMU GULMA : CARA PENANGGULANGAN GULMA DAN TANAMAN PENGGANGGU
CATATAN
·         BANYAK MEMBUTUHKAN PENGUASAAN ILMU BIOLOGI, KIMIA, STATISTIK, MATEMATIK.

LAPANGAN KERJA
·         TENAGA AHLI DI SEKTOR USAHA PERTANIAN, PERKEBUNAN, AGRIBISNIS, AGROINDUSTRI, KONSULTAN, PENELITI, DOSEN, AKTIVIS LSM, DLL.

2. SOSIAL EKONOMI PERTANIAN / AGRIBISNIS
  • MEMPELAJARI PEMBANGUNAN SEKTOR PERTANIAN YANG TERPADU DENGAN SEKTOR EKONOMI DAN ASPEK SOSIAL – KEPENDUDUKAN.
  • MEMBAHAS HUBUNGAN TIMBAL BALK PERTANIAN, EKONOMI & SOSIAL.
  • MEMAHAMI HUKUM AGRARIA DAN HUKUM ADAT, KAITANNYA DENGAN PERTANIAN.
  • MENELITI PERMASALAHAN PEMBANGUNAN SOSIAL EKONOMI PERTANIAN MENGGUNAKAN METODE ILMIAH, STATISTIK & PROGRAM KOMPUTER.
SPESIALISASI STUDI
  • EKONOMI PERTANIAN : MEMBAHAS ASPEK EKONOMI DALAM PENGEMBANGAN PERTANIAN (MATEMATIKA EKONOMI, EKONOMETRIKA, EKONOMI MIKRO & MAKRO, ANALISIS REGRESI, LINEAR PROGRAMMING, DLL.)
  • PENYULUHAN PERTANIAN : MENDALAMI MASALAH PENYULUHAN PERTANIAN, PRINSIPNYA, METODENYA, ALAT BANTUNYA, SUMBERNYA, ORGANISASINYA, PROGRAMNYA, EVALUASINYA, DLL.
  • KOMUNIKASI PERTANIAN : MEMPELAJARI KONSEP DAN KETRAMPILAN KOMUNIKASI DALAM PEMBANGUNAN PERTANIAN (KOMUNIKASI SOSIAL, PERS DAN GRAFIKA, RADIO DAN FILM, PUBLIKASI PERTANIAN, AUDIO/VIDEO PERTANIAN, SOSIOLOGI PEDESAAN, DLL.)
CATATAN
·         MERUPAKAN JURUSAN DI FAKULTAS PERTANIAN YANG BANYAK MENGGUNAKAN ILMU NON EKSAK DALAM ANALISIS PERSOALAN PERTANIAN YANG MENJADI OBYEK STUDINYA, DENGAN HARAPAN AGAR KELAK MENJADI PROFESIONAL DALAM AGRIBISNIS DAN AGROINDUSTRI DENGAN KEMAMPUAN MANAJERIAL YANG MEMADAI.

LAPANGAN KERJA
·         TENAGA AHLI DI SEKTOR USAHA PERTANIAN, PERKEBUNAN, AGRIBISNIS, AGROINDUSTRI, KONSULTAN, PENELITI, DOSEN, AKTIVIS LSM, DLL.

3. ILMU TANAH
·         MEMPELAJARI TATA GUNA TANAH, MELIPUTI CARA PENGELOLAAN TANAH AGAR TETAP SUBUR, MEMAHAMI GEOGRAFI TANAH, KARTOGRAFI, FOTO UDARA, DAN METEOROLOGI PERTANIAN.

SPESIALISASI STUDI
  • MIKROBIOLOGI TANAH : PENGARUH MIKROBA TERHADAP TANAH, BAIK YANG MENGUNTUNGKAN MAUPUN YANG MERUGIKAN (TANAH SEBAGAI HABITAT MIKROBA, TRANSFORMASI UNSUR HARA, BIOTEKNOLOGI TANAH, DLL.)
  • ILMU TANAH : KEADAAN TANAH DAN CARA PEMANFAATANNYA (FAKTOR & PROSES PEMBENTUKAN TANAH, SIFAT FISIKA & KIMIA TANAH, PENGGOLONGAN TANAH, EROSI TANAH, DLL.)
  • METEOROLOGI PERTANIAN : PENGARUH IKLIM & CUACA TERHADAP TUMBUHAN (IKLIM, CUACA, RADIASI MATAHARI, SUHU AIR & TANAH, KELEMBABAN UDARA, PRESIPI T ASI, EVAPOTRANSPIRASI, DLL.)
CATATAN
·         SERING MELAKUKAN PENELITIAN LAPANGAN DI MEDAN YANG KADANG MEMBUTUHKAN KESIAPAN FISIK DAN MENTAL YANG CUKUP BAIK.

LAPANGAN KERJA
·         TENAGA AHLI DI SEKTOR USAHA PERTANIAN, PERKEBUNAN, AGRIBISNIS, AGROINDUSTRI, KONSULTAN, PENELITI, DOSEN, AKTIVIS LSM, DLL.

4. ILMU HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN
·         MEMPELAJARI PENGGANGGU TANAMAN DART LUAR (HAMA) DAN DARI DALAM (PENYAKIT) MULAI DARI JENIS, SIFAT, PENCEGAHAN DAN PENANGGULANGANNYA SAMPAI PENGGUNAAN ZAT KIMIA UNTUK MEMBERANTAS HAMA DAN PENYAKIT TUMBUHAN TERSEBUT.

SPESIALISASI STUDI
  • ILMU HAMA TUMBUHAN : JENIS & SIFAT HAMA, EKOLOGI TANAMAN, PERLINDUNGAN TANAMAN, SELUK-BELUK SERANGGA & NEMATODA, MUSUH ALAMI HAMA, PENGENDALIAN HAMA SECARA KIMIAWI & HAYATI, DLL.
  • ILMU PENYAKIT TUMBUHAN
  • PENYAKIT TUMBUHAN, PENYEBAB & INTERAKSINYA DENGAN TUMBUHAN, LINGKUNGAN & POTENSI HIDUP PENYAKIT, EKOLOGI PENYAKIT, PENGENDALIAN & PENCEGAHAN PENYAKIT
  • JAMUR, VIRUS & BAKTERI, HISPATOLOGI DAN KLINIK PENYAKIT TUMBUHAN.
CATATAN
·         HARUS DIDUKLING PENGUASAAN ILMU KIMIA DAN BIOLOGI, SERTA HARUS BERHATI-HATI KARENA SERING BERHUBUNGAN DENGAN HAMA, PENYAKIT, OBAT-OBATAN BERBAHAN KIMIA.

LAPANGAN KERJA
·         TENAGA AHLI DI SEKTOR USAHA PERTANIAN, PERKEBUNAN, AGRIBISNIS, AGROINDUSTRI, KONSULTAN, PENELITI, DOSEN, AKTIVIS LSM, DLL.

5. PEMULIAAN TANAMAN DAN TEKNOLOGI BENIH
·         MENERAPKAN ILMU DAN TEKNOLOGI PEMULIAAN SERTA PERBENIHAN / PEMBIBITAN DALAM RANGKA PERAKITAN VARIETAS TANAMAN UNGGUL BARU BESERTA UPAYA PENGEMBANGANNYA MELALUI PENGELOLAAN INDUSTRI PERBENIHAN / PEMBIBITAN SEBAGAI PENYEDIA BAHAN TANAMAN UNGGUL DAN BERMUTU.
SPESIALISASI STUDI
  • KEAHLIAN UMUM : KEAHLIAN SEBAGAI AHLI AGRONOMI (AGRONOMIST)
  • KEAHLIAN KHUSUS :
  • KEAHLIAN SEBAGAI CALON PEMULIA TANAMAN (PLANT BREEDER)
  • KEAHLIAN SEBAGAI CALON TEKNOLOG BENIH (SEED TECHNOLOGIST)
LAPANGAN KERJA
LAPANGAN PEKERJAAN UMUM
  • WIRAUSAHAWAN DI BIDANG AGROINDUSTRI
  • PENELITI DI BIDANG PERTANIAN
  • STAF PENGAJAR DIBIDANG PERTANIAN
LAPANGAN PEKERJAAN KHUSUS
  • WIRAUSAHAWAN DI BIDANG PERBENIHAN (PRODUSEN BENIH UNGGUL)
  • PENELITI DI BIDANG PEMULIAAN TANAMAN DAN PERBENIHAN
  • TENAGA AHLI BIDANG PEMULIAAN TANAMAN DAN TEKNOLOGI BENIH DI PERUSAHAAN BENIH SWASTA ATAU NASIONAL.
6. HORTIKULTURA
·         MENERAPKAN ILMU TANAMAN DALAM SISTEM PRODUKSI TANAMAN HORTIKULTURA, YANG BERWAWASAN AGRIBISNIS DAN LINGKUNGAN DALAM RANGKA MENUNJANG PEMBANGUNAN PERTANIAN HORTIKULTURA.

SPESIALISASI STUDI
  • KEAHLIAN UMUM : PRODUKSI HORTIKULTURA (DARI PEMBIBITAN, PRODUKSI SAMPAI PASCA PANEN) YANG BERWAWASAN AGRIBISNIS DAN LINGKUNGAN.
  • KEAHLIAN KHUSUS: : MAMPU MERENCANAKAN USAHA HORTIKULTURA (TANAMAN BUAH, SAYURAN, BUNGA, DAN TANAMAN HIAS), MEMPERSIAPKAN BIBIT KLONAL DAN BENIH HIBRIDA BERMUTU, MENGIMPLEMENTASIKAN PROSES PRODUKSI DAN PASCA PANEN KEBUN HORTIKULTURA, MEMPROSES INFORMASI, MEMANFAATKAN DAN MENDISEMINASI ILMU/TEKNOLOGI HORTIKULTURA.
CATATAN
·         HARUS MEMILIKI KEMAMPUAN BERADAPTASI TERHADAP LINGKUNGAN KERJA TERKAIT DENGAN HORTIKULTURA.

LAPANGAN KERJA
LAPANGAN PEKERJAAN UMUM
  • WIRAUSAHAWAN HORTIKULTURA.
  • ANALISIS KOMODITI HORTIKULTURA.
  • PENELITI, PENGAJAR, PENYULUH HORTIKULTURA.
LAPANGAN PEKERJAAN KHUSUS
  • MANAJER INDUSTRI BUNGA POTONG, SAYURAN, DAN BUAH.
  • MANAJER PEMELIHARAAN TAMAN, NURSERY.
  • SUPPLIER BAHAN BAKU INDUSTRI HORTIKULTURA.
  • PELESTARI/PEKERJA PERBAIKAN LINGKUNGAN.
7. GIZI MASYARAKAT DAN SUMBERDAYA KELUARGA
·         PROGRAM STUDI GIZI MASYARAKAT DAN SUMBERDAYA KELUARGA MEMBENTUK KREATIVITAS, KETERAMPILAN DAN PENGUASA4N IPTEK DI BIDANG GIZI MASYARAKAT GUNA MENINGKATKAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA DENGAN CARA :
  • MENGANALISIS KETERKAITAN PANGAN, GIZI, DAN KESEHATAN SERTA SOSIAL EKONOMI DAN BUDAYA DALAM LINGKUP INDIVIDU, KELUARGA, DAN MASYARAKAT
  • MENERAPKAN PRINSIP-PRINSIP KOMUNIKASI, INFORMASI DAN EDUKASI DALAM MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PROGRAM PANGAN, GIZI DAN PENGEMBANGAN SUMBERDAYA KELUARGA
  • MENERAPKAN KAIDAH-KAIDAH MANAJEMEN DAN TEKNOLOGI DALAM BIDANG PANGAN DAN GIZI.
SPESIALISASI STUDI
KEAHLIAN UMUM
  • MEMAHAMI DASAR ILMU PERTANIAN
  • MEMAHAMI SISTEM PANGAN, GIZI DAN PERTANIAN
  • MENELITI GIZI MASYARAKAT, MANAJEMEN JASA MAKANAN DAN SUMBERDAYA KELUARGA
KEAHLIAN KHUSUS:
  • MEMAHAMI DASAR ILMU GIZI
  • MEMAHAMI DASAR MANAJEMEN SUMBERDAYA KELUARGA
  • MEMAHAMI DASAR MANAJEMEN JASA MAKANAN
  • TERAMPIL MENILAI STATUS GIZI MASYARAKAT
  • TERAMPIL MERANCANG DAN MELAKUKAN SURVEI KONSUMSI PANGAN
  • KETERAMPILAN DALAM KONSULTASI GIZI
  • TERAMPIL MERANCANG DAN MELAKUKAN RISET KONSUMEN
  • MENGEMBANGKAN PRODUK PANGAN UNTUK PERBAIKAN GIZI
LAPANGAN KERJA
·         PERENCANA PROGRAM PANGAN DAN GIZI , TENAGA PENGAJAR, KONSULTAN GIZI, PENYULUH DI BIDANG PERTANIAN, GIZI DAN KESEHATAN, PENELITI DI BIDANG PANGAN, GIZI DAN KESEHATAN , INDUSTRI/PRAKTISI PENGEMBANGAN PRODUK PANGAN UNTUK PERBAIKAN GIZI, LSM PENGEMBANGAN/PEMBERDAYAAN KELUARGAI MASYARAKAT

8. EKONOMI PERTANIAN DAN SUMBERDAYA
·         MEMAHAMI DAN MENGUASAI TEORI SERTA METODE EKONOMI SEHINGGA MAMPU MENGANALISIS DAN MEMECAHKAN MASALAH-MASALAH PERTANIAN DAN PEMANFAATAN SERTA PELESTARIAN SUMBERDAYAYANG MENDUKUNG PEMBANGUNAN PERTANIAN YANG BERKELANJUTAN.

SPESIALISASI STUDI
·         KEAHLIAN KHUSUS : PEMAHAMAN DAN PENGUASAAN TEORI DAN METODE EKONOMI UNTUK DAPAT MEMECAHKAN MASALAH-MASALAH PERTANIAN DAN PEMANFAATAN SERTA PELESTARIAN SUMBERDAYAYANG MENDUKUNG PERTANIAN YANG BERKELANJUTAN.

LAPANGAN KERJA
·         SEBAGAI PENELITI, PENGAMAT, PERENCANA, PELAKSANA DAN EVALUATOR PEMBANGUNAN BERBASIS EKONOMI DAN SUMBERDAYA PERTANIAN.

9. ARSITEKTUR LANSKAP
·         MENDIDIK CALON ARSITEK LANSKAP PROFESIONAL YANG TERAMPIL, KREATIF, DAN MENGUASAI ILMU DAN SENI DALAM BIDANG PERENCANAAN, DESAIN, OPERASIONAL DAN PENGELOLAAN LANSKAP GUNA MEMBANGUN TATANAN LANSKAP YANG LESTARI, BERDAYAGUNA DAN INDAH.

SPESIALISASI STUDI
  • KEAHLIAN UMUM : PENATAAN RUANG OUTDOOR (LANSKAP) SECARA LUAS MULAI DARI YANG BERSKALA KECIL SEPERTI TAMAN RUMAH DAN TAMAN KOTA SAMPAI YANG BERSKALA BESAR SEPERTI LANSKAP KOTA DAN TEMPAT WISATA, AGAR TERCIPTA LANSKAP YANG FUNGSIONAL SEBAGAI MEDIA AKTIVITAS MANUSIA YANG INDAH, NYAMAN DAN MEMPERHATIKAN KELESTARIAN LINGKUNGAN.
  • KEAHLIAN KHUSUS : PERENCANAAN (PLANNING) DAN PERANCANGAN (DESIGN) TAMAN/ LANSKAP, PEMBUATAN / PELAKSANAAN LANSKAP / TAMAN, PENGELOLAAN/PEMELIHARAAN LANSKAP DAN PENGOPERASIAN SUATU PEMBIBITAN (NURSERY) TANAMAN LANSKAP.
CATATAN
·         SARJANA JURUSAN INI DIHARAPKAN MENJADI ARSITEK LANSKAP PROFESIONAL YANG TELAH DIBEKALI DENGAN DASAR ILMU TANAMAN DAN EKOLOGI SERTA ILMU PERENCANAAN / PERANCANGAN DAN PENGELOLAAN LANSKAP, SEHINGGA MAMPU MEMECAHKAN MASALAH-MASALAH YANG BERKAITAN DENGAN LINGKUNGAN KERJA BIDANG ARSITEKTUR LANSKAP.

LAPANGAN KERJA
  • WIRAUSAHAWAN DALAM BIDANG PENYEDIAAN BAHAN TANAMAN ATAU BAHAN BANGUNAN UNTUK PEMBUATAN TAMAN.
  • STAF PERENCANA PADA PERUSAHAAN/PEMERINTAH DALAM BIDANG PENGELOLAAN SUMBER DAYA ALAM.
  • INSTRUKTUR DALAM PENDIDIKAN, PENYULUHAN DAN PROMOSI, PENGELOLAAN LINGKUNGAN.
  • KONSULTAN PERENCANA/PERANCANG LANSKAP.
  • KONTRAKTOR PEMBUATAN LANSKAP.
  • KONTRAKTOR PENGELOLA/PEMELIHARA LANSKAP.
  • PEMBIBITAN TANAMAN LANSKAP.
  • KONSULTAN PENGAWAS DALAM PEMBUATAN ATAU PEMELIHARAAN LANSKAP.
10. TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
·         MEMADUKAN ILMU TEKNOLOGI, EKONOMI, DAN MANAJEMEN UNTUK MENGELOLA HASIL PERTANIAN PANGAN DAN NON PANGAN, TERMASUK TERNAK DAN IKAN, MULAI DARI PANEN, PASCAPANEN, PENGOLAHAN, PENGEMASAN, PENYIMPANAN, SAMPAI PENDISTRIBUSIAN PRODUKAKHIR YANG SIAP DIKONSUMSI.

SPESIALISASI STUDI
  • TEKNOLOGI PANGAN DAN GIZI
  • MENGELOLA BAHAN PANGAN NABATI DAN HEWANI TERMASUK PENGAWETANNYA, UNTUK KONSUMSI RUMAH TANGGA & INDUSTRI
  • MEMPELAJARI NILAI GIZI MAKANAN, STATUS GIZI MASYARAKAT, PERENCANAAN DIET, DAN MASALAH GIZI LAINNYA.
   TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN : MENGOLAH HASIL PERTANIAN PANGAN DAN NON PANGAN BAIK NABATI MAUPUN HEWANI MELALUI PROSES FISIS DAN KIMIAWI, SAMPAI MEMASARKANNYA.
·         BIOTEKNOLOGI : MEMANFAATKAN MIKROBA UNTUK PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN MENJADI PRODUK PANGAN DAN PRODUK INDUSTRI.

CATATAN
·         BANYAK MELIBATKAN ILMU KIMIA DAN BIOLOGI DENGAN BANYAK SEKALI PRAKTIKUM YANG MENUNTUT KETEKUNAN, KETELITIAN, KEPEKAAN DAN KREATIVITAS BERPIKIR ILMIAH.

LAPANGAN KERJA
·         TENAGA AHLI DI SEKTOR USAHA PERTANIAN, PERKEBUNAN, AGRIBISNIS, AGROINDUSTRI, INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN, KONSULTAN, PENELITI, DOSEN, AKTIVIS LSM, DLL.

11. TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN
  • MEMPELAJARI DASAR-DASAR PERENCANAAN, PERANCANGAN, PENGEMBANGAN, EVALUASI DAN APLIKASI SISTEM PRODUKSI YANG MELIBATKAN MANUSIA, PERALATAN, DAN SUMBERDAYA PERTANIAN UNTUK MEMBANGUN INDUSTRI PERTANIAN YANG UNGGUL, EFEKTIF DAN EFISIEN.
  • ASPEK STRUKTURAL : MENYUSUN WAHANA TRANSFORMASI BAHAN BAKU, TATA LETAK PABRIK, MESIN & PERALATAN, DLL. JUGA MENYUSUN METODE PELAKSANAAN TRANSFORMASI, STRUKTUR ORGANISASI, DAN MEMILIH JENIS TEKNOLOGI
  • ASPEK FUNGSIONAL: MANAJEMEN, EKONOMI, SOSIAL, & OPTIMASI USAHA.
SPESIALISASI STUDI
  • SISTEM INDUSTRI : SISTEM INDUSTRI MIKROBIOLOGI, SISTEM INDUSTRI MESIN DAN PERALATAN PERTANIAN, SISTEM INDUSTRI HASIL TANAMAN PANGAN, SISTEM INDUSTRI TANAMAN PERKEBUNAN, SISTEM INDUSTRI HASIL HEWAN, DLL.
  • ANALISIS SISTEM INDUSTRI PERTANIAN DASAR-DASAR METODE ANALITIS SISTEM PRODUKSI, PROBLEM MANAJEMEN, PENGAMBILAN KEPUTUSAN, PERENCANAAN INDUSTRI, PENERAPAN MODEL MATEMATIKA UNTUK PRODUKSI DAN OPERASI.
  • JURUSAN INI JUGA MEMPELAJARI AKUNTANSI BIAYA, ORGANISASI PERUSAHAAN, EKONOMI MAKRO, MANAJEMEN, PEMASARAN, AGRIBISNIS, ELEKTRONIKA, STATISTIK, SANITASI INDUSTRI, DLL.
CATATAN
·         LINGKUP KEILMUAN YANG DIPELAJARI SANGAT WAS MELIPUTI ILMU EKSAKTA DAN NON EKSAKTA SEHINGGA MEMBUTUHKAN KETEKUNAN UNTUK MEMPELAJARI SEMUANYA DENGAN BAIK.

LAPANGAN KERJA
·         TENAGA AHLI DI SEKTOR USAHA PERTANIAN, PERKEBUNAN, AGRIBISNIS, AGROINDUSTRI, KONSULTAN, PENELITI, DOSEN, AKTIVIS LSM, DLL.

12. TEKNIK PERTANIAN / MEKANISASI PERTANIAN
  • MEMPELAJARI PENGGUNAAN MESIN / ALATTEKNIK DALAM PERTANIAN SEIRING DENGAN MODERNISASI USAHA PERTANIAN.
  • MEREKAYASA DESAIN, KONSTRUKSI DAN MANAJEMEN OPERASIONAL ALAT PERTANIAN MODERN YANG TEPAT GUNA DAN RAMAH LINGKUNGAN
SPESIALISASI STUDI
  • BUDIDAYA DAN MESIN PERTANIAN
  • MESIN DAN ALAT BUDIDAYA PERTANIAN : ALAT PENGOLAH TANAH, PENANAM, PEMUPUK, PENYIANG, PEMBERANTAS HAMA / PENYAKIT, PEMANEN, DLL.
  • SUMBERDAYA PENGGERAK & KONVERSI ENERGI DALAM BUDIDAYA PERTANIAN.
  • TEKNIK PENGOLAHAN HASIL PERTANIAN : MESIN PENGOLAH HASIL PERTANIAN : MESIN PEMBERSIHAN, PEMOTONGAN, PENGERINGAN, PENDINGINAN, PENYIMPANAN, PENGAWETAN HASIL PERTANIAN.
  • TEKNIK TANAH DAN TATA AIR : TEKNOLOGI PENDAYAGUNAAN TANAH DAN AIR YANG EFEKTIF DAN EFISIEN SERTA RAMAH LINGKUNGAN.
  • LINGKUNGAN DAN BANGUNAN PERTANIAN : REKAYASA BANGUNAN DAN KELENGKAPANNYA UNTUK BUDIDAYA PERTANIAN, TERMASUK TATA LETAK DAN KONSTRUKSINYA.
  • ENERGI DAN LISTRIK DI BIDANG PERTANIAN : TERMODINAMIKA DAN ELEKTRONIKA/ LISTRIK DALAM MESIN PERTANIAN
13. KEHUTANAN
·         MEMPELAJARI PENDAYAGUNAAN DAN PELESTARIAN HUTAN SECARA PROFESIONAL, MENGINGAT HUTAN MERUPAKAN KEKAYAAN ALAM DENGAN POTENSI YANG LUAR BIASA BESAR DAN MEMILIKI FUNGSI EKONOMI, HIDROLOGI, OROLOGI, KLIMATOLOGI, ESTETIKA, DAN STRATEGIS SEBAGAI SUMBER KEHIDUPAN DAN PENGHIDUPAN.

SPESIALISASI STUDI
  • BUDIDAYA HUTAN  : CARA PENANAMAN DAN PEMELIHARAAN HUTAN, PEMBUATAN BIBIT UNGGUL TANAMAN HUTAN, PEMBUATAN BENIH, PERSEMAIAN, ILMU TANAH.
  • TEKNOLOGI HASIL HUTAN : SIFAT, KARAKTERISTIK DAN CARA MENGOLAH HASIL HUTAN (KAYU,     MINYAK, GETAH, LAK, DLL.) MENJADI PRODUK EKONOMIS.
  • MANAJEMEN HUTAN : PENGELOLAAN HUTAN SECARA EKONOMIS MELIPUTI PERENCANAAN, PERSEMAIAN, PENANAMAN, PEMELIHARAN, DAN PENJUALAN HASIL HUTAN.
  • KONSERVASI SUMBERDAYA HUTAN    : PENGAWETAN DAN PELESTARIAN SUMBERDAYA HUTAN TERMASUK KAITANNYA DENGAN TANAH, AIR, SATWA, MANUSIA, DLL.
CATATAN
  • BANYAK BELAJAR BIOLOGI TUMBUHAN DAN HEWAN
  • FISIK DAN MENTAL HARUS TANGGUH SERTA BERJIWA PETUALANG
LAPANGAN KERJA
·         TENAGA AHLI DI SEMUA LEMBAGA PENGELOLAAN HUTAN BAIK LEMBAGA NEGARA MAUPUN SWASTA, PERUSAHAAN PELAKSANA HPH, INDUSTRI HASIL HUTAN, LEMBAGA PELESTARIAN ALAM, PENELITI, DOSEN, AKTIVIS LSM, DLL.

14. BUDIDAYA HUTAN
·         MEMAHAMI KONSEP-KONSEP BUDIDAYA HUTAN BERDASARKAN PRINSIP KELESTARIAN HASIL DAN FUNGSI DARI EKOSISTEM HUTAN

SPESIALISASI STUDI
KEAHLIAN UMUM
  • PRINSIP-PRINSIP BUDIDAYA HUTAN ALAM DAN HUTAN TANAMAN
  • PRINSIP-PRINSIP MANAJEMEN HUTAN ALAM DAN HUTAN TANAMAN
  • PENGELOLAAN HUTAN ALAM DAN HUTAN TANAMAN BERDASARKAN PRINSIP EKOSISTEM LESTARI DAN TIDAK MERUSAK LINGKUNGAN
KEAHLIAN KHUSUS
  • PENGELOLAAN HUTAN ALAM DAN HUTAN TANAMAN BERDASARKAN ATURAN PEMULIAAN POHON YANG JELAS, PENGGUNAAN TEKNOLOGI PERBENIHAN YANG HANDAL SERTA BERBASIS BIOTEKNOLOGI
  • PEMBUDIDAYAAN HUTAN DENGAN MEMPERHATIKAN KONSERVASI TANAH DAN AIR, PERLINDUNGAN HUTAN SERTA DIDUKUNG OLEH PEMAHAMAN YANG JELAS TENTANG EKOSISTEM HUTAN
  • REHABILITASI LAHAN BEKAS TAMBANG, BEKAS KEBAKARAN DAN HUTAN TERDEGRADASI
CATATAN
·         SARJANA JURUSAN BUDIDAYA HUTAN DIHARAPKAN MENJADI AHLI PERLINDUNGAN HUTAN TANAMAN DAN HUTAN ALAM DARI ANCAMAN BAHAYA KERUSAKAN AKIBAT SALAH URUS SERTA FAKTOR PENGGANGGU LAIN SEPERTI HAMA PENYAKIT DAN KEBAKARAN HUTAN DAN LAHAN, ATAU MENJADI PAKAR PENGELOLA HUTAN HUJAN TROPIS DAN HUTAN TANAMAN BERBASIS EKOSISTEM, SEKALIGUS TERAMPIL DALAM MEREHABILITASI LAHAN RUSAK AKIBAT SALAH URUS.

LAPANGAN KERJA
·         BIDANG KEHUTANAN (DEPARTEMEN, DINAS KEHUTANAN, DINAS PKT), BIDANG PERTANIAN / PERKEBUNAN (BUMD / BUMN / SWASTA), SWASTA (KONSULTAN, HPH / HTI, BANK, ASURANSI), STAF PENGAJAR DI PERGURUAN TINGGI

15. KONSERVASI HUTAN
·         MEMAHAMI DAN MENERAPKAN KONSEP-KONSEP KONSERVASI SUMBER DAYA HUTAN DALAM ARTI LUAS, MELIPUTI PERLINDUNGAN, PELESTARIAN, PENGAWETAN DAN PEMANFAATAN HUTAN YANG BERKELANJUTAN.

SPESIALISASI STUDI
KEAHLIAN UMUM
  • KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI
  • PENGELOLPAN LINGKUNGAN HIDUP
  • KEAHLIAN KHUSUS
  • EKOLOGI SATWA LIAR PENANGKARAN SATWA LIAR
  • ANALISIS LINGKUNGAN
  • KONSERVASI TUMBUHAN
  • MANAJEMEN KAWASAN
  • REKREASI ALAM (EKOWISATA) DAN PENDIDIKAN LINGKUNGAN
  • KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI HUTAN TROPIS INDONESIA
  • PENDIDIKAN KONSERVASI SUMBERDAYA HUTAN DAN LINGKUNGAN HIDUP
  • PENGELOLAAN KAWASAN DILINDUNGI 0 EKOWISATA
LAPANGAN KERJA
·         PEGAWAI INSTANSI PEMERINTAH DI BIDANG KEHUTANAN, BUMN DI BIDANG KEHUTANAN, LEMBAGA-LEMBAGA PENDIDIKAN DAN PENELITIAN DI BIDANG KEHUTANAN, SWASTA KEHUTANAN, WIRASWASTA DI BIDANG KEHUTANAN, INSTANSI PEMERINTAH DI BIDANG KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN LINGKUNGAN HIDUP, PERLINDUNGAN HUTAN DAN KONSERVASI ALAM, BKSDA (BALAI KONSERVASI SUMBERDAYAALAM), TAMAN NASIONAL, BUMN DI BIDANG KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DAN LINGKUNGAN HIDUP, LEMBAGA PENELITIAN DI BIDANG KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI DANLINGKUNGAN HIDUP, LSM DI BIDANG KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI, LINGKUNGAN HIDUP DAN EKOWISATA, WIRASWASTA DI BIDANG KONSERVASI KEANEKARAGAMAN HAYATI (PENANGKARAN SATWA LIAR DAN TUMBUHAN, EKOWISATA, PENDIDIKAN LINGKUNGAN DAN LAIN-LAIN)

16. MANAJEMEN HUTAN
·         MEMAHAMI KONSEP-KONSEP PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN BERDASARKAN PRINSIP KELESTARIAN HASIL YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN SERTA MAMPU MENERAPKAN KONSEP-KONSEP TERSEBUT DALAM TINDAKAN NYATA DI LAPANGAN.

SPESIALISASI STUDI
KEAHLIAN UMUM
  • INVENTARISASI HUTAN, PENGUKURAN, PEMETAAN, DALAM RANGKA MANAJEMEN HUTAN SECARA LESTARI
  • MANAJEMEN PRODUKSI DAN OPERASI DALAM RANGKA MEWUJUDKAN HUTAN YANG LESTARI
KEAHLIAN KHUSUS
  • PENATAAN HUTAN BERDASAR KEMAMPUAN LAHAN HUTAN YANG DIKELOLA DALAM RANGKA MANAJEMEN HUTAN LESTARI
  • PERENCANAAN HUTAN SEBAGAI PEDOMAN DALAM RANGKA PELAKSANAAN PENGELOLAAN HUTAN SECARA LESTARI
  • PENGEMBANGAN KAPASITAS MASYARAKAT DALAM RANGKA PELAKSANAAN MANAJEMEN HUTAN SECARA LESTARI
  • KONSEP PENGELOLAAN HUTAN BERBASIS EKOSISTEM
  • ASPEK-ASPEK YANG DIPERLUKAN UNTUK BERWIRAUSAHA DI BIDANG KEHUTANAN YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN
  • MENERAPKAN KONSEP DAN METODE MANAJEMEN HUTAN UNTUK PENYUSUNAN RENCANA OPERASIONAL PENGELOLAAN HUTAN DAN DAPAT MELAKSANAKAN SETIAP KEGIATAN DIBIDANG KEHUTANAN DENGAN BAIK SESUAI BIDANG KEAHLIAN YANG DITEKUNI
LAPANGAN KERJA
·         PRAKTISI DALAM BIDANG KEHUTANAN PADA LEMBAGA-LEMBAGA YANG BERGERAK DALAM BIDANG KEHUTANAN ATAUPUN NON KEHUTANAN (PERTAMBANGAN, PERBANKAN, WARTAWAN, LSM, DLL.), MENJADI TENAGA  AKADEMIK ATAU PENELITI PADA LEMBAGA PENDIDIKAN ATAU LEMBAGA PENELITIAN, SEBAGAI PRAKTISI DALAM UNIT-UNIT PENGELOLAAN HUTAN, SEBAGAI TENAGA PROFESIONAL (KONSULTAN, ANALIS, AUDITOR) PADA LEMBAGA-LEMBAGA YANG MENGELOLA KEGIATAN-KEGIATAN BERBASIS KEHUTANAN ATAU SUMBERDAYA ALAM.

17. TEKNOLOGI HASIL HUTAN
·         MEMAHAMI KONSEP-KONSEP PEMANFAATAN HASIL HUTAN YANG BERSIFAT EFISIEN DAN BERWAWASAN LINGKUNGAN SERTA MAMPU MENERAPKANNYA DALAM PRAKTIK PEMANFAATAN HASIL HUTAN BERUPA KAYU DAN BUKAN KAYU.

SPESIALISASI STUDI
  • PENGOLAHAN HASIL HUTAN
  • PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN DENGAN ASAS KELESTARIAN HASIL YANG BERWAWASAN LINGKUNGAN
  • MEMECAHKAN MASALAH DALAM BIDANG KEHUTANAN DENGAN MENGGUNAKAN METODE PENDEKATAN ILMIAH
  • MENGINDENTIFIKASI SIFAT-SIFAT DASAR HASIL HUTAN UNTUK BERBAGAI TUJUAN PENGGUNAAN
  • MEMAHAMI TEKNOLOGI PENGOLAHAN HASIL HUTAN (KAYU DAN NON KAYU) BAIK SECARA MEKANIS MAUPUN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN EFISIENSI DAN NILAI TAMBAH
  • MEMAHAMI KETEKNIKAN KAYU UNTUK BAHAN BANGUNAN DAN PENGGUNAAN LAINNYA
  • TEKNOLOGI PENINGKATAN MUTU PRODUKSI HASIL HUTAN
  • ANALISIS INSTITUSI DAN KEBIJAKAN PEMANFAATAN POTENSI HUTAN
   PEMANENAN HASIL HUTAN
  • MERENCANAKAN DAN MELAKSANAKAN PEMANENAN KAYU DI HUTAN ALAM MAUPUN HUTAN TANAMAN
  • ANALISIS FINANSIAL DAN EKONOMI PEMANENAN HASIlHUTAN
  • MEMAHAMI DAN MEMINIMALKAN DAMPAK PEMANENAN HASIL HUTAN TERHDAP LINGKUNGAN FISIK HUTAN
  • MENGELOLA PERALATAN PEMANENAN HUTAN DAN MENERAPKAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DALAM PEMANENAN HUTAN
LAPANGAN KERJA
·         DEPARTEMEN KEHUTANAN, PERINDUSTRIAN DAN PERDAGANGAN, PERTANIAN, PT PERHUTANI, PT INHUTANI, PERUSAHAAN HPH, PERUSAHAAN HPHTI, INDUSTRI PENGOLAHAN KAYU MELIPUTI: KAYU LAPOR (PLYWOOD), INDUSTRI PULP AND PAPER, INDUSTRI PAPAN PARTIKEL, INDUSTRI PAPAN SERAT, INDUSTRI PENGGERGAJIAN, INDUSTRI MOULDING DAN KOMPONEN BAHAN BANGUNAN, INDUSTRI MEUBEL DAN FURNITURE, INDUSTRI WOOD WORKING, INDUSTRI PENGERINGAN KAYU, INDUSTRI PENGAWETAN KAYU, KONSULTAN, AKTIVIS LSM, DOSEN, PENELITI, WARTAWAN, WIRASWASTA, DLL.

1 komentar: